TETAP SEMANGAT MENJALANI HIDUP

Seri Motivasi

Om Swastiastu
Om Awignamastu

Semeton Hindu yg terhormat, hidup memang penuh rintangan. Walau begitu inilah hidup yg tetap harus kita jalani. Sebagai semangat hidup marilah kita gali sedikit sastra Hindu dan jadikan pedoman agar kita tidak putus asa dalam menjalani hidup yg sengsara ini.

Berikut ini saya kutip beberapa sloka dari Sarasamuscaya yg kiranya dapat memberikan kita sebuah motivasi dalam menjalani hidup ini.

Sloka 3
”Janganlah pernah bersedih hati dilahirkan menjadi manusia, meskipun pada kelahiran yang dianggap paling hina; karena sesungguhnya amat sulit untuk bisa menjelma menjadi manusia. Berbahagialah menjadi manusia”

…….Hidup adalah hasil dari buah karma kita. Atas karma kita percaya bahwa kelahiran menjadi manusia sekarang adalah anugerah yg amat mulia daripada menjadi binatang atau tumbuhan. Oleh karena itu mari bersyukur dan berbahagia dgn hidup kita sebagai manusia. Lebih jauh rasa syukur ini kita wujudkan dengan selalu menghargai hidup kita sebagai manusia ini….

Sloka 380
”Bagaimanapun ‘pahit’ dan sulitnya hidup, mau tidak mau kita harus menjalaninya juga. Segala sesuatu yang merupakan karma haruslah dinikmati, hidup miskin kekurangan pangan, tuna wisma, tanpa pertolongan, bantuan dan lain-lain, semua itu harus dijalani juga. Jika ingin merubah karma, lakukanlah kebajikan dan kebenaran mulai hari ini; sebab kelak ialah yang akan menemani hidup, sebagai kawan yang akan memberikan pertolongan setiap saat.”

….. sebagai umat Hindu kita percaya dgn hukum karma oleh karena itu terimalah kehidupan walau bagaimana keadaannya. Semuanya adalah buah karma kita. Selanjutnya kita perlu mengusahakan karma yg baik agar kelak kita mendapatkan hasil yg baik. Hasil karma yg baik ini kedepannya akan terasa bagaikan seorang sahabat yg memberikan pertolongan saat dibutuhkan…..

Sloka 293
”Apa sebab orang tidak berhasil dalam pencarian harta dan perolehan kesenangan meskipun telah diusahakan dengan giat; sebab kegagalan usaha dikarenakan dulu ia tidak pernah ‘menanam’ kebajikan dan kebenaran, lalu apa yang dapat dipetiknya sekarang? Walaupun kali ini gagal, sekaranglah kesempatan baik untuk menanam kebajikan dan kebenaran dan pasti akan berbuah kelak dan kita dapat memanennya.”

…. kegagalan dalam hidup ini bukanlah akhir dari segalanya dan membuat kita harus putus asa dan mengambil jalan yg tidak benar. Sekali lagi itu hanyalah buah karma kita terdahulu. Jadikanlah pelajaran untuk memperbaiki karma kita kedepannya……..

Kesimpulannya dalam hidup ini kita harus tetap bersemangat dan pantang menyerah karena kelahiran sebagai manusia ini adalah kesempatan untuk berbuat baik menuju hidup yg lebih baik ke depannya. Masalah hasil hukum karma mengatakan itu sudah pasti, kita hanya perlu bersabar.

Jukut kangkung uyah sere, kirang langkung nunas ampure. Semoga bermanfaat.

Rahayu..

Om Santih Santih Santih Om

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close