Hindu

Om Swastyastu avignhamastu
Om Ano bhadrah krtawo yantu wiswatah,
Semoga semua fikiran baik datang dari segala penjuru.

Veda Kitab Suci Hindu

PENGERTIAN VEDA.

Kata Veda berasal dr akar kata VID,, yg artinya ,,tahu,,, dan kata VEDA berarti ilmu pengetahuan.
Bila Veda ditulis dengan a panjang (a` ) Veda itu diartikan sebagai kata kata yang diucpkan dengan irama yang kemudian disebut dengan istilah Mantra.
Secara umum kata Veda berarti Ilmu Pengetahuan.

Kitab Suci Veda adalah Ilmu pengetahuan suciBrahman WASA, melalui wahyu yg di dengar /diterima oleh 7 orang Rsi yg disebut SAPTA RSI, yaitu RSI GRTSAMADA, RSI WISWAMITRA, RSI WAMADEWA, RSI ATRI, RSI BARADWAJA, RSI WASISTA, DAN RSI KANWA. Sehingga disebutlah sbg VEDA SRUTI (dari akar kata sanskerta Sru yg artinya mendengar

Pada mulanya wahyu Veda hanya dihafalkan saja, kemudian wahyu weda itu dikumpulkan dan dikoordinir oleh Msha Rsi Vyasa bersama 4 orang muridnya yaitu RSI PULAHA, RSI JAIMINI, RSI VAI€AMPAYANA, dan RSI SUMANTU. Oleh karena jasanya mengumpulkan wahyu dan mengajarkan VEDA maka MAHA RSI VYASA sering disebut dengan NABI UMAT HINDU.

Wahyu VEDA pertama kali diturunkan oleh BRAHMAN di Lembah Sungai SHINDU di INDIA bagian Barat, tepatnya di PUNYAB, yaitu di hulu sungai SHINDU yg bercabang lima.
Menurut pendapat akhli yg bernama TILAK, mengatakan bahwa wahyu VEDA yg pertama kali di turunkan sekitar tahun 6000 SM, seperti termuat dlm YAJUR VEDA XVI, 18 sebagai berikut :
” Yathemam vacam kalyanum avadani janabyah brahma tajyabhyam sudraya caryaya casvaya caranaya ca “,
artinya
Demikianlah kami berharap menyampaikan sabda suci (VEDA) ini kepada masyarakat pada umumnya baik brahmana, kesatrya, waisya maupun sudra bahkan kepada semua orang.

Bahasa dalam Veda.
Bahasa Veda disebut ” Daivi Vak’ yang artinya Bahasa Dewata. Kemudian setelah Rsi Patanjali menyusun Kitab Bhasa yang berisi panduan untuk mempelajari Tata Bahasa Veda, Bahasa itu disebut Sanskertha.

Pembagian Kitab Suci Vesa
Menurut Manawa Dharma Sastra II.10 disebutkan bahwa yang disebut Veda adalah Sruti dan Smrti

I. Veda Sruti yaitu kitab yang nemuat Wahyu asli yang diterima para Maha Rsi Veda Sruti ini dikelompokkan menjadai 4 kelompok, yaitu kitab :
A. Rg Veda yaitu kumpulan Mantra yg memuat ajaran umum dlm bentuk pujaan atau Rca.
B. Sama Veda yaitu kumpulan Mantra yg memuat ajaran umum tentang lagu2 pujaan.
C. Yajur Veda yaitu kumpulan Mantra yg memuat ajaran umum tentang Pokok ajaran yadna, baik yadnya besar maupun yang kecil
D. Atharva Veda yaitu kumpulan mantra yang memiliki kekuatan khusus sehingga sering disebut mempunyai kekuatan magis

II. Veda Smerti berasal dari kata smrt ysbg artinya ingat, isinya penjekasan untuk mengingat atau nempelajari Veda Sruti. Veda Smrti dikelompokkan menjadi
A. Vedangga artinya batang tubuh, maksudnya adalah bagian ilmu untuk mempelajari batang tubuh veda terdiri atas 6 bagian sehingga seribg disebut Sad Angga Veda.
1. Siksa yg isinya petunjuk tentang phonem dalam bahasa Sansekerta.
2. Vyakarana isinya tentang Tata Bahasa terutama untuk membantu mempelajari bahasa Veda.
3.Chanda, isinya pedoman intonasi atau tinggi rendahnya nada dalam pengucapan mantra. Ini sangat penting sebab dalam berbahasa salah intonasi berarti kalimat yang diucapkan menjadi salah arti.
4. Nirukta. isinya berbagai tafsiran otentik tentang persamaan dan perbedaan kata yg terdapat dlm Veda
5. Jyotisa isisnya tentang ajaran astronomi dan perbintangan yang sangat diperlukn dalam kehidupan
6. Kalpa isinya antara lain Tata cara melakukan yadnya yg bersumber dari Yajur Veda

B. Upa Veda yaitu merupakan Veda Tanbahan yg terdiri dari beberapa cabang ilmu yaitu :
1. Itihasa yaitu jenis sejarah perkembangan raja2 dan kerajaan HINDU di masa silam.
Itihasa ada fua epos besar yaitu kisah Ramayana hasil karya Rsi Valmiki yg tersusun dlm 24.000 Stansa yg dibagi menjadi 7 Kanda
Yg kedua yaitu kisah Mahabharata, hasil karya Rsi Vyasa yg sering disebut Krsna Dwipayana, kitab ini terdiri atas 18 bagian, masing masing bagian disebut parwa sehingaa dijenal dengan nana Asta dasa parwa, yg digubah dlm bentuk syair sebanyak 100.000 sloka. Cerita pokoknya meliputi 24.000 sloka yg sebagian besar menceritakan peperangan yg maha dahsyat selama 18 hari antara Pandawa dan Korawa

Khusus dibagian Bhisma Parwa yg mengisahkan ARJUNA merasa bimbang dan galau menghadapi musuh yg tiada lain adalah guru, saudara dan masyarakatnya sendiri , maka arjuna diberi wejangan oleh Sri Krsna tentang hakekat dan kewajiban hidup dlm bentuk filsafar yg disebut dng BHAGAWAD GITA yg artinya Nyanyian Tuhan.

2. Jenis Purana yg isinya kumpulan cerita2 kuno tentang hukum dan tradisi setempat.

3. Artha sastra isinya ilmu pemerintahan dan ilmu politik

4. Jenis Ayurveda yaitu isinya tentang bidang ilmu kesehatan.

5. Jenis Gandharva veda idinya berbagai macam ilmu kesenian
Itu sedikit tentang Kitab Suci Veda, Sarasamuscaya memuat Veda takut pada orang yang bodoh, artinya untuk nengetshui Veda Sruti kita wajib menguasai kitab Smrti agar bisa mengetahui Sruti. Untuk bisa mempelajari Veda harusbfituntun gurunyg mumpuni karena Veda tidak bisa dipelajari sembarangan tapi harus bertahap dan berkelanjutan.

Om Shantih.

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close