MENGAKUI, MENERIMA, MEMOHON MAAF ATAS KARMA BURUK MAKA ADA PENGAMPUNAN

Om Swastiastu
Om Awignamastu

Semeton Hindu yg terhormat, hukum karma pasti adanya, baik dan buruk kehidupan adalah buah karma kita dulu maupun dikehidupan yg lalu. Kita tidak pernah tau apa karma buruk kita oleh karena selubung awidya. Namun bukan berarti kita menerima begitu saja dgn pasrah dan bersedih. Karma memang pasti sifat nya tapi dia juga dinamis bergerak dapat berubah atau diubah. Asal kita dapat menetralisir sebab maka akibat dapat dikurangi.

Dalam kehidupan sekarang contohnya jika kita menyakiti orang maka akibat nya orang tsb akan memiliki dendam kepada kita, suatu saat dia akan menyakiti kita. Jika kita segera sadar mengakui dan menerima kesalahan perbuatan kita maka kita bisa meminta maaf dgn tulus iklash kepada orang tsb. Hal ini dapat memperbaiki karma kita, paling sedikit dendam bisa hilang walau sakit hati masih ada. Harusnya kita mendapat karma buruk Krn menyakiti org tsb, dgn meminta maaf maka ada pengampunan.

Contoh lain seorang terdakwa jika mengakui perbautan nya dan menunjukkan penyesalannya juga berkelakuan baik maka hakim akan memberikan keringanan hukuman. Bisa saja akan banyak yg membantu memberikan kesaksian yg meringankan hukumannya. Hal ini nampak seperti sebuah pengampunan.

Contoh lain lagi jika kita bertengkar menyakiti hati pasangan kita maka bisa jadi kita menerima karma buruk tidak diajak bicara, atau pasangan ”ngambul” pergi meninggalkan kita. Jika kita menyadari menerima memohon maaf maka suasana akan cair hubunganpun pelan pelan menjadi baik kembali.

Kita sebaik nya mengakui menerima memohon maaf selalu berkelakuan baik mengedepankan belas kasih maka jika ada karma buruk dari masa lalu atau kehidupan yg lalu misalnya kita akan terjatuh ke jurang dan mati bisa saja ada pengampunan keajaiban bahwa kita masih hidup.

Berdasarkan hal itu maka jika kita mengakui menerima meminta maaf atas kesalahan/dosa perbuatan kita dgn menunjukkan penyesalan dan berkelakuan baik maka niscaya akan ada pengampunan.

Om Papa ham papa karmaham, papatma papa sambawa, trahimam pundarikaksa.

Om Santih Santih Santih Om

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close