MENGUCAPKAN OM KARA DAN GAYATRI MANTRA

”Praktek ritual Hindu yg simple dan sederhana”

Om Swastiastu,
Om Awignamastu,

Semeton Hindu yg terhormat, sebuah Dharma wacana yg menginspirasi tentang praktek ritual Hindu sederhana yg dapat dilakukan oleh siapapun terutama anak muda di jabarkan oleh Ida Prema Acharya pada acara persembahyangan grup Hindu di pura alas arum peliatan Ubud, Minggu 11 Maret 2018 lalu.

Adapun praktek tersebut antara lain :

1. Persiapan diri dengan membersihkan diri seperti mandi dan lainnya. Kemudian mencari tempat yg baik utk duduk bersembahyang.

2. Mengucapkan OM KARAM sebanyak minimal tiga kali. Di ucapkan perlahan dgn nada dari rendah ke tinggi. Saat mulut menutup gigi juga menutup.

OM KARAM adalah suara Brahma, nada alam semesta, belakangan dikatakan matahari mengeluarkan suara Om karam, duluan di ketahui inti atom juga mengeluarkan suara Om Karam.

Dengan mengucapkan OM KARAM didalam diri ada getaran atau resonansi yg menyucikan ke dalam diri dan ke lingkungan sekitar.

3. Mengucapkan GAYATRI MANTRA sebanyak minimal tiga kali. Gayatri mantra adalah maha mantra yg terdapat dalam reg dan yayur weda. Mantra ini dapat diucapkan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun.

Gayatri mantra dengan terjemahan yg mudah dimengerti :

Om, bhur bwah swah ( Tuhan penguasa ketiga alam) Tat ( paduka ) Savitur( yang memberi berkat ) warenyam( yang patut kami sembah ) Bargo Dewasya ( cahaya gemerlap dari alam kedewaan ) Dhimahi ( kesanalah kami akan pulang ) Dyoyo Na ( diri kami yg masih kotor ini) prachodayat ( berkatilah )

Dengan mengucapkan GAYATRI mantra maka kita akan di anugerahi oleh tiga Dewi yaitu : DEWI SAVITRI memberikan umur panjang, DEWI GAYATRI membebaskan kita dari segala persoalan, DEWI SARASWATI pelan pelan meningkatkan kecerdasan kita.

Setelah selesai memuja ditutup dgn Perama Santih, yaitu Santih mantra.
OM SANTIH SANTIH SANTIH OM

4. Setelah melakukan meditasi, pejamkan mata duduk tenang sejenak. Merenungi apa yg kita lakukan ini semoga diberkati oleh Tuhan. Berdialog dgn Tuhan menggunakan bahasa sendiri. Contoh : Ya Tuhan saya tidak mengerti apa apa, tolong berikan pengertian.
Dsb.
Setelah dirasa cukup, buka mata dan ucapkan Prama Santi yaitu Santi mantra.

Demikianlah sedikit kutipan Dharma wacana yg menginspirasi, semoga bermanfaat. Atas segala kekurangan nunas ampure, Suksma.

Om Santih Santih Santih Om

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close