BAKTI BERSERAH DIRI KEPADA TUHAN ADALAH JALAN MENCAPAI MOKSAH

Om Swastiastu
Om Awignamastu

Semeton Hindu yg terhormat, kita sering mendengar sloka Bhagavad Gita yang berbunyi :

Bhagawadgita sloka 9.26

patram puṣpam phalam toyam

yo me bhaktyā prayacchati

tad aham bhakty-upahṛtam

aśnāmi prayatātmanaḥ

Kosa kata:

patram (sehelai daun), puṣpam (setangkai bunga), phalam (buah-buahan), toyam (air); yo (siapa), me (kepada), bhaktyā (pengabdian), prayacchati (menawarkan); tad (itu), aham (Ku-Tuhan), bhakti (bhakti), upahṛtam (ditawarkan dalam pengabdian); aśnāmi (menerima), prayatatmanah (kesadaran yang murni).

Artinya:

Apa yang dipersembahkan kepadaku, sehelai daun, setangkai bunga, setetes air, buah atau biji-bijian dengan cinta bhakti dan kesadaran yang murni, akan Ku terima.

Ada penjelasan sederhana dari sloka ini yaitu :

1. BUAH
Buah yg kamu persembahkan adalah milik Ku-Tuhan, Buah terbaik yg kamu persembahkan adalah buah karma mu, tindakan prilaku perbuatan-perbuatan baik mu.

2. BUNGA
Bunga yg dipersembahkan adalah milik Ku-Tuhan, Bunga terbaik yg kamu persembahkan adalah bunga hatimu. Hatimu yg berbunga bunga saat memuja Ku.

3. AIR
Air yg kamu persembahkan adalah milik Ku-Tuhan, Air terbaik yg kamu persembahkan adalah air mata. Air mata kebahagiaanmu ketika memuja Ku dan Air mata kesedihanmu karena sudah berbuat salah.

4. DAUN
Daun yg kamu persembahkan adalah milik Ku-Tuhan, Daun yg terbaik kamu persembahkan adalah badanmu. Berserah dirilah kepada Ku maka Aku akan menjadikan dirimu orang yang tercerahkan, memiliki kesadaran Tuhan dan diakhir kehidupanmu akan bersatu dgn Ku.

Demikian sedikit wejangan Dharma wacana dari Ida Sbj Shri Bhagavan Jay. Semoga Bermanfaat. Atas segala kekurangan mohon maklum adanya. Rahayu.

Om Santih Santih Santih Om

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close