Sejarah Dupa

Sejarah Singkat
Asal Muasal Dupa diperkirakan dari kebiasaan umat Hindu/Budha di India/China. Seiring dengan imigrasi ke Asia Tenggara, terutama ke Indonesia, berpengaruh pada Agama sebagian besar penduduk di indonesia. Kerajaan Hindu Majapahit yang berkuasa mempunyai pengaruh besar di daerah Jawa – Bali.

Konon, Dupa di Bali berasal dari sabut kelapa yang dipilin-pilin menjadi tali lalu ditusuk dengan kayu/bambu seperti Sate/cilok. Mungkin karena sering mati dan asapnya terlau banyak,lambat laun bahan dupa diganti serbuk kayu seperti saat ini.

Biasan nya orang menamakannya dengan HIO, YOSHUA, DUPA. Dupa adalah suatu material yang mengeluarkan bau asap yang wangi. Fungsi dupa adalah sebagai alat upacara keagamaan umat Hindu, Budha, Konghucu dll.

Bentuk Dupa ada berbagai macam seperti: Bentuk Batang dari ukuran 11cm s/d 42cm, magic stick, bentuk kerucut, spiral, bentuk hewan,dll. Di indonesia bagian timur, produksi pembuatan dupa terpusat di daerah Malang Raya, Lumajang, Bali, Surabaya dan Semarang. Sebagian besar hasil produksinya dikirim ke bali dalam bentuk karung plastik {40kg). Dupa tsb masih dalam kondisi ½ jadi. Proses pewangian dan pembungkusan kecil dilakukan oleh orang bali sendiri.

Bahan Membuat Dupa
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membua

t antara lain:

1. Batang/Stick
Bahan utama batang dari bambu/pring petung, ori dll. Bambu ini dipotong sesuai ukuran favorite sbb 22cm, 29cm, 32cm, 38cm dan 42cm. Diameter dupa lokal 1,5 – 2mm kotak, sedang dupa import 1mm bulat. Sentral pembuatan batang ini banyak didapat di daerah pedesaan wagir, gunung kawi malang, ponorogo, trenggalek dll. Pembuatan nya masih menggunakan cara manual. Waktu pembuatannya juga seiring setelah aktivitas di sawah, dimusim tanam, cari rumput. Fluktuasi stok batang ini sangat tinggi.

2. Serbuk kayu
serbuk kayu ini berfungsi sebagai bahan pengisi/dagingan, biasanya dari kayu yang punya tingkat kekerasan tinggi seperti jati, bingjerai dll. Semakin halus serbuk ini dapat menghasilkan mutu dupa yang bagus.

3. Serbuk lengket
serbuk ini berfungsi untuk meletakkan serbuk kayu pada batang. Orang biasa menyebutnya Dasaran. Serbuk dasaran yang melekat pada batangharus kuat. Serbuk lengket ini berasal dari kayu sintok, kulit gembor, kayu teja. Serbuk ini jika dicampur air bisa mengeluarkan perekat yang sangat kuat. Ada yang bewarna putih dan cokelat.

4. Air
berfungsi sebagai sarana meletakkan serbuk lengket apad batang.

5. Serbuk batok
serbuk ini bahan untuk dapat membantu memperkeras permukaan dupa supaya lebih halus dan tidak bergelombang. Warnanya yang cokelat tua lebih memperindah penampilan dupa.

6. Calcium
bahan pembantu ini berfungsi membantu proses pembakaran dupa. Abu yang dihasilkan dengan memakai Calsium bisa bewarna putih.

7. Soda api
bahan pembantu ini dicampurkan di Tong air. Fungsinya untuk dapat membantu meningaktakan proses pembakaran batang dan daging dupa dengan baik dan tidak mudah padam bara apinya.

8. Parfum
bahan pewangi terdiri dari bahan kimia dan alami. Bahan kimia yang dipaki umumnya beraroma jasmine, sandal wood lavender, lotus. Sedangkan yang alami dari cendana, akar wangi, gaharu dll.

9. Plastik
bahan ini sebagai alat pembungkus dupa ukuran kecil sesuai konsumsi konsumen

10. Pewarna

Fungsi Dan Manfaat Aroma Dupa

AROMATHERAPY adalah terapi menggunakan Essensial Oil atau sari minyak murni untuk membantu memperbaiki kesehatan, membangkitkan semangat, gairah, menyegarkan serta meningkatkan jiwa dan proses penyembuhan.

Cara kerja Aromatherapy:
Bau berpengaruh langsung terhadap otak manusia. Hidung manusia memiliki kemampuan untuk membedakan lebih dari 100.000 jenis aroma yang berbeda yang mempengaruhi kita dan itu terjadi tanpa kita sadari. Aroma tersebut mempengaruhi bagian otak yang berkaitan dengan mood atau suasana hati, emosi, ingatan dan pelajaran kita. Seterti contoh misalnya kita menghirup aroma Lavender : maka akam meningkatkan gelombang-gelombang alfa di dalam otak dan gelombang inilah yang membantu kita untuk merasa rileks. Atau kalau kita menghirup aroma Melati : maka akam meningkatkan gelombang beta otak kita sehingga dapat meningkatkan ketangkasan dan semangat positif.

JASMINE : Meningkatkan keseimbangan, pikiran positif, kepekaan , ketenangan jiwa, rasa bahagia, gairah seksual, kejernihan pikiran . Dapat juga mengurangi depresi, rasa cemas, stress, sedih, dan iri hati.

LAVENDER : Aromanya dapat mengusir nyamuk, merilekskan saraf otak, mempermudah tidur, meningkatkan ketenangan, rasa nyaman. Dan dapat mengurangi depresi atau frustasi, rasa tertekan dan emosi yang tidak stabil

PEPERMINT : Meningkatkan konsentrasi, vitalitas, rasa percaya diri, pikiran positif, keyakinan dan tujuan hidup. Mengurangi rasa lelah, putus asa , sakit kepala, dan rasa takut.

YLANG YLANG : Menyeimbangkan hormone, memberikan semangat, meningkatkan sensualias, perasaan gembira, kehangatan, rasa percaya diri, rasa nyaman dan damai. Mengurangi rasa tegang, lemah seksual, perasaan frustasi, rasa labil, dan rasa bersalah.

GREEN TEA : Membangkitkan semangat, memperbaiki konsentrasi

VANILA : Menimbullan kesan hangat dan manis, meningkatkan rangsangan seksual.

AMBER : Memberikan rasa gembira dalam melakukan akrifitas
GANESHA : Untuk membuka dan melancarkan jalan usaha atau pekerjaan
MEDINI : Untuk membersikan aura alam sekitar kita.
JASMINE : Membangkitkan pikiran positif, memberikan rasa ketenangan dan meningkatkan kreatifitas.

OM SHANTI : Memberikan kedamain dalam kehidupan.
NAGALINGGA CHAMPA : Memberikan keberanian dalam melakukan sesuatu yang benar.
RED ROSE : Memberikan vibrasi disenangi dan disukai oleh siapapun seperti saat orang melihat bunga mawar, dan juga membangkitkan gairah /semangat hidup.

SAI PRIYA : Memberikan keberanian dalam kehidupan manusia.
SANDAL WOOD : Meningkatkan kehangatan, rasa percaya diri, kejujuran , ketenangan jiwa , rasa nyaman dan mengurangi gangguan konsentrasi.

SEVEN HERB CHAMPHOOR: Terdiri dari 7 champhoor terbaik, dapat membantu dalam membersihkan kekotoran atma kita.

STRESS RELIEF : Untuk meringankan beban pikiran, mengurangi stress, untuk relaksasi.

YOGA : Membantu membawa kita ke dalam suasana yoga yang penuh konsentrasi.

PUSHKARINI : Membersihkan diri kita dari vibrasi negative sebelum kita berdoa
YAGNA : Terdapat bahan Agnihotra di dalam dupa yang membantu kita terbebas dari Aura Negatif, meningkatkan Energi positif dalam diri kita untuk menangkal / menolak Aura negative yang menggangu.

WOODS : Membangkitkan semangat dan energi kita dalam melakukan pekerjaan.

FOR BUSINESS : Membantu kelancaran dalam usaha /bisnis supaya Tuhan memberikan rahmatnya kepada kita.

MONEY DRAWING : Mengharapkan rejeki akan lebih lancer seperti air yang mengalir.
FAST LUCK : Membantu mempercepat proses datangnya rejeki keberuntungan.
GOLD RAIN : Mengharapkan rejeki /keberuntungan kita akan terus meningkat seperti nilai emas
OM : Sangat bagus untuk sarana Meditasi, dengan wangi yang lembut dapat membawa ketenangan dan konsentrasi
THREE IN ONE : Terdapat tiga aroma dalam 1 bungkus: Lily : untuk persembahan kepada Tuhan.
Intimate : untuk kasih saying, dan menciptakan keharmonisan.
Fancy : untuk Kemakmuran.
CLEAN HOME : Membantu kita dalam membersihkan tempat atau ruangann yang kotor dan ada gangguan.
HOUSE PROTECTION : Membantu melindungi rumah atau tempat kita dari gangguan negatif.

AGAINST JEALOUSY : Menghindarkan kita dari iri hati dan membantu supaya orang tidak dengki kepada kita.

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close