PURA ADALAH TEMPAT SUCI YG SAKRAL

Om Swastiastu
Om Awignamastu

Semeton Hindu yg terhormat, seperti kita tau pura adalah tempat suci yg sakral dgn konsep Rwa bhineda. Tempat suci pada umumnya terdapat simbol simbol Tuhan yg damai dan menyejukkan. Namun di Pura kita temui berbagai macam simbol simbol baik maupun buruk, menyejukkan maupun menyeramkan. Hal ini karena Pura adalah tempat suci yg memandang Tuhan sebagai satu kesatuan yg utuh yg melampaui antara baik maupun buruk.

Alam suci dan alam bawah adalah satu kesatuan dan merupakan otoritas Hyang Kuasa. Om Bhur Bwah Swah … Demikian mantra yg sering kita dengar menyatakan bahwa kekuatan Hyang Kuasa mengayomi semua alam baik atas tengah maupun bawah.

Melalui pendekatan spiritual sebuah Pura adalah tempat yg sakral dimana batas batas alam sekala dan niskala sangat tipis sekali. Di pura orang akan sangat mudah terhubung dgn alam suci maupun alam bawah. Dimana alam suci adalah alam istadewata dan alam bawah menjadi pengiringnya (rencangan).

Oleh karena itu jangan main main dgn Tempat suci Pura. Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan yaitu :

1. Jangan memasuki pura dgn keadaan perasaan yang emosi, marah, sedih, dan bersifat tidak sadar lainnya. Hal ini akan berdampak tidak baik, akan mudah menarik alam bawah. Sehingga di alam doa akan menghubungkan kita dgn mahluk mahluk alam bawah(rencangan) di pura tsb.

2. Memasuki tempat suci Pura dengan perasaan yg damai, tenang, polos penuh belas kasih. Sampaikan doa dan permohonan dengan jelas dan terang. Dengan begini akan mengundang kekuatan kekuatan alam suci juga di alam doa memudahkan orang terhubung dgn ista Dewata di pura tersebut.

3. Hormati dan ikuti aturan atau dresta di pura tersebut. Pelanggaran aturan atau dresta cepat atau lambat akan menyebabkan dampak kesengsaraan tertentu. Sekali lagi Pura adalah tempat suci yg sakral jadi jangan main main.

Dengan tekun menghayati kesakralan tempat suci Pura dan juga dgn selalu menjaga kesucian maka ada keselamatan dan perlindungan dari para ista Dewata.

Demikian pembahasan tentang tempat suci Pura di rangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat, atas segala kekurangan nunas ampure. Rahayu.

Om Santih Santih Santih Om

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close